Selain Sumber Vitamin, Ini Berbagai Manfaat dari Tomat

Selain Sumber Vitamin, Ini Berbagai Manfaat dari Tomat
Tomat hasil panen petani di Karo, Sumatera Utara. Foto: humas Kementan

jpnn.com - Lycopersicum esculentum Mill atau biasa yang disebut tomat adalah tanaman yang berasal dari Amerika latin. Buah tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan sering digunakan untuk campuran masakan seperti sup, semur dan sambal. Kadang juga tomat dimakan begitu saja sebagai lalapan.

Tomat memilik kandungan lycopene, sehingga bisa mencegah terjadinya kanker prostat. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan, seperti dilansir laman MSN, Rabu (24/10).

Sumber vitamin

Satu buah tomat bisa menyediakan sekitar 40 persen dari minimum vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Terlebih lagi, tomat memasok vitamin A, yang mendukung kekebalan, penglihatan dan kesehatan kulit. Vitamin K juga bagus untuk tulang Anda dan kalium, merupakan nutrisi kunci untuk fungsi jantung, kontraksi otot dan mempertahankan tekanan darah yang sehat dan keseimbangan cairan.

Melindungi kesehatan jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene, yang bertanggung jawab untuk warna merah mereka. Penelitian menunjukkan bahwa dalam hal manfaat kesehatan jantung, lebih efektif untuk makan tomat dan produk tomat daripada mengonsumsi suplemen lycopene.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kadar likopen darah yang lebih tinggi terkait dengan tingkat kematian yang lebih rendah untuk orang-orang dengan sindrom metabolik, sekelompok faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Meningkatkan penglihatan

Tomat memilik kandungan lycopene, sehingga bisa mencegah terjadinya kanker prostat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News