Konsumsi 2 Tomat Sehari Bisa Cegah Penyakit Paru-paru

Konsumsi 2 Tomat Sehari Bisa Cegah Penyakit Paru-paru
Tomat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Orang dewasa yang mengonsumsi lebih dari dua tomat sehari memiliki tingkat penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat. Dan dalam hal ini mantan perokok tampaknya paling diuntungkan.

Manfaat serupa, kata mereka, diamati untuk orang yang makan lebih dari tiga porsi buah segar sehari, terutama apel.

"Studi ini menunjukkan bahwa diet bisa membantu memperbaiki kerusakan paru pada orang yang telah berhenti merokok," kata rekan penulis studi, Vanessa Garcia-Larsen dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore, seperti dilansir laman MSN, Selasa (30/1).

"Hal ini juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya buah bisa memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda tidak pernah merokok," Garcia-Larsen menjelaskan.

Dalam studi yang dipublikasikan di European Respiratory Journal, peneliti menganalisis data dari 680 orang di Jerman, Inggris dan Norwegia yang mendaftar untuk survei kesehatan pada 2002.

Peserta menjawab kuesioner dan menjalani dua jenis tes fungsi paru di awal, lalu lagi 10 tahun kemudian.

Satu tes mengukur berapa banyak udara yang bisa dikeluarkan seseorang dalam sekejap, yang lain berapa yang bisa mereka hirup dalam enam detik.

Faktor lain, seperti usia peserta, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, pendapatan dan tingkat aktivitas fisik, dipertimbangkan dalam menganalisis hubungan antara diet dan kesehatan paru-paru.

Dalam hal ini mantan perokok tampaknya yang paling diuntungkan dengan hal ini mengingat fungsi tomat yang sangat baik bagi tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News