9 Kapal Perang Siap Beroperasi di Wilayah Ini

9 Kapal Perang Siap Beroperasi di Wilayah Ini
Tampak salah satu dari sembilan Kapal Perang Republik Indonesia KRI) milik TNI AL siap membantu warga korban asap akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. FOTO: DOK.Dispen Kolinlamil for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebagai salah satu Komando Utama (Kotama) operasi TNI Angkatan Laut, mendukung Satuan Tugas (Satgas) Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Jumat (23/10). Selain membuka Posko Bahaya Darurat Asap di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, sebanyak sembilan kapal perang TNI AL juga disiapkan untuk membantu korban terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Asisten Operasi (Asops) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi, S.E mengatakan Kolinlamil menyiagakan sembilan kapal perang baik dari Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta dan Surabaya sebagai angkutan laut militer yang siap beroperasi melaksanakan pergeseran baik personil, material dan bantuan bahan makanan ataupun pakaian dan lainnya guna membantu masyarakat Sumatera Selatan, Palangkaraya dan Banjarmasin yang terkena dampak bencana kebakaran hutan.

Adapun sembilan kapal perang tersebut yakni KRI Teluk Amboina-503, KRI Banda Aceh-593, KRI Banjarmasin-592, KRI Teluk Manado-537, KRI Teluk Hading-538, KRI Teluk Ratai-509, KRI Teluk Bone-511, KRI Mentawai-959, dan KRI Karimata-960.

“Untuk mendukung Satgas Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan dengan menyiapkan tempat untuk mengumpulkan bantuan material dan logistik berupa bahan kontak, bahan makanan dan obat-obatan dari Kemenkes dan Kemensos serta TNI-Polri yang akan mendukung dengan mengirimkannya melalui unsur laut yang selalu siap untuk bergerak setiap saat,” kata Asisten Operasi (Asops) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi, S.E seperti dilansir dalam siaran pers Dinas Penerangan Kolinlamil diterima JPNN.com, Jumat (23/10).

Rahmad menjelaskan, Satgas Laut juga akan mengantisipasi kemungkinan evakuasi penyelamatan jika terjadi hal-hal yang bersifat membahayakan keselamatan.

Selama mendukung bencana asap ini, kata dia, Kolinlamil menyediakan posko berupa ruangan khusus di Staf Operasi (Sops) Kolinlamil, Jalan Raya Pelabuhan Pos IX, Tanjung Priok dengan menempatkan personil yang siaga 24 jam dan dihubungi di nomor telepon (021) 4301495.

Menurutnya, Kolinlamil dengan pimpinan Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, sebagai Kotama operasi dalam bidang pembinaan Kolinlamil berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Sedangkan dalam bidang operasional berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI.

“Kolinlamil mempunyai tugas pokok membina kemampuan sistem angkutan laut militer, membina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, melaksanakan angkutan laut TNI dan Polri yang meliputi personil, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis serta melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pembangunan nasional,” katanya.(fri/jpnn)


JAKARTA – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebagai salah satu Komando Utama (Kotama) operasi TNI Angkatan Laut, mendukung Satuan Tugas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News