95 Persen PPTKIS Tak Laporkan Data Pengiriman TKI

95 Persen PPTKIS Tak Laporkan Data Pengiriman TKI
95 Persen PPTKIS Tak Laporkan Data Pengiriman TKI
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengaku geram dengan sikap Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). Pasalnya, banyak PPTKIS yang tidak melaporkan data pengiriman TKI ke luar negeri.

"Kami kecewa sekali dengan tindakan PPTKIS. Mereka seakan-akan hanya memandang kami sebelah mata," ungkap Tatang Budie Utama Razak, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia pada Direktorat Jenderal Protokoler dan Konsuler Kementerian Luar Negeri (Kemlu), dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR RI, Senin (24/1).

Tatang menyebut bahwa PPTKIS yang rajin melapor (jumlahnya) di bawah lima persen. Itu pun pelaporannya tidak jelas. Misalnya katanya, pengiriman TKI ke Malaysia, tidak dicantumkan lokasi tepatnya, apakah di Johor, Penang, dan lain-lain.

"Di dalam ketentuan UU 39 Tahun 2004 sudah jelas disebutkan, PPTKIS harus rutin melaporkan setiap mengirimkan TKI ke luar negeri. Tapi mereka tidak mengindahkan. Nanti setelah ada masalah, baru Kemlu diberitahukan," kritiknya.

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengaku geram dengan sikap Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). Pasalnya, banyak PPTKIS yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News