Abhan Ucapkan Selamat Kepada Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara

Abhan Ucapkan Selamat Kepada Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara
Ketua Bawaslu RI Abhan (tengah). Foto: Bawaslu Jakarta Utara

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bawaslu RI Abhan mengapresisasi kinerja Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara selama hajatan pemilu serentak lalu.

"Selamat mendapatkan award sebagai Gakkumdu Terbaik Pertama tingkat nasional. Tetap semangat dalam menegakkan keadilan pemilu," jelas Abhan dalam kegiatan Evaluasi Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara baru-baru ini.

Abhan memaparkan Bawaslu berencana mengajukan usulan kepada DPR RI agar memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan dan penuntutan seperti halnya Komisi Pemberantasan Korupsi yang dulu. Usulan ini rencananya akan dimasukkan dalam perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Menurut Abhan, pihaknya ingin penindakan pelanggaran pemilu ditangani Bawaslu secara mandiri. Berefleksi pada pemilu serentak kemarin, ada banyak perkara yang sudah cukup alat buktinya, tapi ketika dilimpahkan ke Gakkumdu, penyidik dan jaksa begitu saja memutus kasus di tengah jalan.

“Ada kasus yang sudah mati-matian, kami kumpulkan alat buktinya tapi menurut penyidik dan jaksa nggak bisa berlanjut. Ada cukup banyak," ujar mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah tersebut.

Pada kesempatan itu, Ketua Gakkumdu Bawaslu DKI Jakarta Puadi juga memberikan pujian atas prestasi Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara.

"Tim Gakkumdu Jakarta Utara yang pertama kali menindak perkara politik uang di tahapan kampanye pemilu lalu. Ada chemistry yang kuat antara Bawaslu Jakarta Utara dengan penyidik dan jaksa sehingga solid dalam kerja penindakan,” ungkap peraih Bawaslu Award 2017 itu.

Selanjutnya, analis politik Universitas Al Azhar Jakarta Ujang Komarudin menilai kinerja dan integritas Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara dapat menjadi bukti pemilu yang bersih. Demokrasi perlu penegakan hukum yang tegas sehingga dapat tercipta pemilu yang jujur dan adil. Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara dapat menjadi suri teladan.

Ketua Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara Benny Sabdo menghaturkan terima kasih atas dukungan pimpinan Bawaslu RI dan Bawaslu DKI dalam menegakkan keadilan pemilu di Jakarta Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News