Abhisit Vejjajiva, PM Baru Thailand

Abhisit Vejjajiva, PM Baru Thailand
Foto : AFP
BANGKOK - Hanya dalam jangka empat bulan, Thailand sudah tiga kali berganti perdana menteri. Dari tangan Samak Sundaravej ke Somchai Wongsawat, lantas kemarin (15/12) tampuk kekuasaan beralih ke tangan Abhisit Vejjajiva. Jika dua pendahulunya adalah sekutu mantan PM Thaksin Shinawatra, Abhisit justru dari oposisi.

Setelah dinyatakan terpilih, ketua Partai Demokrat itu enggan memberikan pernyataan tentang dunia politik sebelum dirinya resmi dilantik Raja Bhumibol Adulyadej. ''Saya berterima kasih kepada semua anggota parlemen yang telah memilih saya,'' ujar Abhisit yang merupakan PM pertama Partai Demokrat dalam delapan tahun terakhir.

Dalam pemilihan PM kemarin, Abhisit mengalahkan kandidat dari Partai Pheu Pandin, Pracha Promnok. Sejak awal, Abhisit menyadari bahwa masalah genting yang dihadapi Thailand adalah perekonomian. Karena itu, bidang ekonomilah yang memang ingin diperbaiki.

Agaknya, seperti dilansir Bangkok Post, 32 anggota parlemen dari Partai Puea Thai, reinkarnasi Partai Kekuatan Rakyat (PPP), sepakat dengannya. Maka, 32 anggota tadi pun memilih Abhisit. Hal itu dikatakan anggota parlemen dari Partai Puea Thai, Surapong Towijakchaikul. Namun, dia menyangsikan PM ke-27 tersebut mampu bertahan lama serta menyatukan perpecahan di Thailand. Puea Thai pun siap menjadi oposisi di parlemen.

BANGKOK - Hanya dalam jangka empat bulan, Thailand sudah tiga kali berganti perdana menteri. Dari tangan Samak Sundaravej ke Somchai Wongsawat, lantas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News