Aboe: Jaga Konstitusi Sama Dengan Menjaga Pancasila

Aboe: Jaga Konstitusi Sama Dengan Menjaga Pancasila
Aboe Bakar Alhabsyi. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com, SOLO - Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia (AACC) pada 9-10 Agustus 2017 di Solo, Jawa Tengah memberikan pelajaran berharga.

Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan di hari pertama simposium ideologi berbagai negara bisa dipelajari.

Bagi indonesia, ini adalah kajian sangat strategis, karena Pancasila sebagai ideologi negara termaktub dalam pembukaan UUD 1945, yang tak lain adalah konstitusi Indonesia.

"Karenanya, menjaga konstitusi bagi Indonesia sama maknanya dengan menjaga Pancasila," Aboe.

Dia mengungkapkan, belajar dari Republik Armenia, mereka tidak kenal istilah ideologi negara. Kemanusiaan adalah nilai tertinggi yang diatur dalam konstitusi mereka. Nilai ini yang dikembangkan secara menyeluruh melalui konstitusi.

Mongolia juga tidak mengenal ideologi negara secara spesifik dalam konstitusi. Namun dalam komstitusi yang telah diamandemen 2010 dikenal istilah National Basic Structure atau Fundamental Structure. Nilai ini yang dikembangkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Mongolia.

Menurut Aboe, Indonesia lebih beruntung, karena telah mendefinisikan way of life-nya dalam preambule UUD 1945.

"Disinilah tugas kita segenap komponen masyarakat untuk meneguhkan pilihan kita tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Institusi Sejenis se-Asia (AACC) pada 9-10 Agustus 2017 di Solo, Jawa Tengah memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News