Abrasi Ancam Puluhan Rumah

Abrasi Ancam Puluhan Rumah
Abrasi Ancam Puluhan Rumah
MATARAM-Puluhan rumah warga di pesisir Pantai Tanjung Karang terancam roboh. Abrasi di tempat tersebut semakin meluas karena ombak yang semakin besar. Bahkan, salah satu rumah warga yang jaraknya hanya beberapa meter dari bibir pantai seakan tinggal menunggu waktu untuk terkena abrasi.

Dari pantauan Lombok Post (Group JPNN) di sekitar Pantai Tanjung Karang, kemarin, jarak rumah salah satu warga dengan bibir pantai hanya sekitar satu meter. Artinya, jika sewaktu-waktu muncul ombak besar, rumah tersebut bakal menjadi korban.

Di wilyah ini, Pemerintah Kota Mataram sebenarnya sudah melakukan langkah antisipatif dengan memabngun tanggul dari beton yang cukup tinggi. Sayangnya, tanggul tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Sebagian sudah roboh karena tak kuasa menahan hantaman ombak.

Tanggul itu dibangun tahun 2007 lalu. Dana yang dihabiskan untuk membangun tanggul itu sekitar Rp 1,5 miliar. Sayangnya, tanggul itu tak mampu menjadi solusi jangka panjang. Setelah rusak, hantaman ombak besar kini kembali mengancam rumah-rumah warga di pesisir pantai tersebut.

MATARAM-Puluhan rumah warga di pesisir Pantai Tanjung Karang terancam roboh. Abrasi di tempat tersebut semakin meluas karena ombak yang semakin besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News