Abrasi Pantai, Puluhan Kuburan Dibongkar

Abrasi Pantai, Puluhan Kuburan Dibongkar
Abrasi Pantai, Puluhan Kuburan Dibongkar
PADANG--Akibat abrasi pantai di Jorong Pasalamo (inpres), Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Pasbar membuat 21 kuburan terpaksa dibongkar masyarakat, Selasa (13/11). Karena pekuburuan itu dihantam ombak besar dan dikhawatirkan akan meluas ke pemukiman warga. 

Pantauan Padang Ekspres (Grup JPNN) di sepanjang pantai Sasak, sejumlah warga bergotongroyong untuk membongkar kuburan keluarga mereka. Warga mengumpulkan tulang belulang mayat yang sudah tidak utuh lagi.

"Ada 21 kuburan yang telah dibongkar di Jorong Pasarlamo Nagari Sasak. Akibat luapan air laut sudah merusak kuburan masyarakat. Secara keseluruhan ada ratusan kuburan yang terancam dihantam abrasi pantai," kata Kepala Jorong Pasarlamo, Pendi.

Mayat yang dibongkar itu dikumpulkan dan diikat kembali dengan kain kafan. Lalu dipindahkan ke Bandarbaru Jorong Padang Halaban. Saat ini warga sangat membutuhkan mobil Ambulans untuk mengevakuasi mayat itu. Minimal harus ada tiga Ambulans setiap hari untuk mengevakuasi mayat itu."Yang ada hanya satu unit Ambulans, jadi masih dibutuhkan dua unit lagi," katanya.

PADANG--Akibat abrasi pantai di Jorong Pasalamo (inpres), Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Pasbar membuat 21 kuburan terpaksa dibongkar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News