Aceh Diguncang Gempa, Ketua MPR Sampaikan Rasa Belasungkawa

Aceh Diguncang Gempa, Ketua MPR Sampaikan Rasa Belasungkawa
Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan ikut berbelasungkawa dan keprihatinannya yang sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/) pukul 05.03 pagi tadi. Gempa itu telah mengakibatkan korban jiwa, luka parah, serta ratusan bangunan dan rumah mengalami kerusakan hebat sehingga menimbulkan kepanikan warga.

"Saya  menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah gempa di Pidie Aceh yang menimbulkan korban jiwa dan luka.  Saya mendoakan agar korban yang meninggal diterima di sisi-Nya dan Allah SWT memberikan ketabahan kepada keluarga,” katanya.

Zulkifli pun mengharapkan pemerintah bertindak cekatan. “Kepada pemerintah daerah dan pihak-pihak yang berkompeten agar segera memberikan bantuan secepatnya kepada korban rakyat terdampak," pintanya.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi yang mengguncang Aceh itu berkekuatan 6,4 SR. Pusat gempa terdeteksi di 5,25 lintang (LU) utara dan 96,24 bujur timur (BT), tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Guncangan kuat terjadi di beberapa wilayah seperti Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, Lhokseumawe, usugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). BMKG memastikan gempa tidak memicu tsunami.

Berdasarkan informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya, korban jiwa sudah dievakuasi, sedangkan puluhan korban luka ringan dan berat sudah berada di beberapa rumah sakit seperti RSUD Pidie Jaya dan RSUD di Meureudu.  Pihak rumah sakit mengaku kewalahan menangani korban serta sangat membutuhkan obat-obatan dan tambahan tenaga medis.(adv/jpnn)

 

JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan ikut berbelasungkawa dan keprihatinannya yang sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi yang melanda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News