ACEH: Lulus Kurang 50 Persen, Bupati Dikecam

ACEH: Lulus Kurang 50 Persen, Bupati Dikecam
ACEH: Lulus Kurang 50 Persen, Bupati Dikecam
BLANGPIDIE -- Sejumlah tokoh menyalahkan Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, gara-gara tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) di kabupaten itu hanya mencapai 49,55 persen. Wakil Ketua DPW PAN Aceh Anas Bidin Nyak Syeh yang juga warga Abdya di Banda Aceh mengaku kecewa terhadap rendahnya hasil UN yang diraih daerah kelahirannya.

Dia menuding bupati sebagai penyebab buruknya prestasi pendidikan ini. Menurutnya,  Akmal Ibrahim  telah melupakan masalah  pendidikan akibat terlalu terkonsentrasi mengurus pada masalah pertanian dan perkebunan. “Abdya bukan hanya membutuhkan pembangunan persawahan dan perkebunan tetapi yang lebih penting diperhatikan adalah pendidikan karena itu tempat mencetak generasi baru di Abdya,” ujar Anas.

Hal yang sama disampaikan Ketua Umum Forum Komunikasi Pemuda Abdya (FKPA) Banda Aceh Imran Mahfudi. Dia menilai,  kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Abdya masih kurang. Hasil UN ini, lanjutnya, menjadi indikator kegagalan pencapaian visi  di bidang pendidikan. “Pemerintah  harus menjelaskan kepada masyarakat Abdya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Jangan karena anak pejabat tidak sekolah di Abdya, lantas dia tidak peduli dengan mutu pendidikan Abdya,” tutur Imran.

Selain itu pihaknya mengaharapkan segera dilakukan pembenahan di struktur dinas pendidikan. Salah seorang tokoh masyarakat, Fadhli Ali, SE, juga urun kritik. Dikatakan, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan setempat harus melakukan evaluasi internal terkait anjloknya nilai kelulusan, sehingga diketahui penyebab hal itu terjadi. ” Pemerintah harus menciptakan budaya malu dengan bersikap kesatria bila tidak mampu,” harapnya.

BLANGPIDIE -- Sejumlah tokoh menyalahkan Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, gara-gara tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) di kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News