ACFTA Belum Pengaruhi Impor

ACFTA Belum Pengaruhi Impor
ACFTA Belum Pengaruhi Impor
JAKARTA- Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Anggito Abimanyu mengatakan selama sebulan dilaksanakannya Asean China Free Trade Agreement (ACFTA) tak ada lonjakan impor. Hal tersebut merupakan pantauan Early Warning System yang dilakukan Badan Kebijakan Fiskal dalam mengawasi pelaksanaan ACFTA.  

"Kami mengembangkan early warning system terhadap injury-nya (ACFTA,red). Kalau barang dari China sampai sekarang belum ada lonjakan impor," kata Anggito.

Kalaupun nantinya terjadi lonjakan impor, Anggito mengatakan BKF akan melihat dulu penyebab lonjakan menggunakan jenis tarif seperti apa. "Apakah tarif FTA atau tarif MFN (most favorit nation-Tarif bea masuk umum). Karena banyak juga yang dari China menggunakan tarif MFN karena selisihnya tidak terlalu besar dan administrasinya lebih sederhana menggunakan MFN," kata Anggito Abimayu kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/2)

Dengan kondisi ini kata Anggito, BKF akan mempelajari dampaknya bukan hanya terhadap lonjakan impor tapi juga terhadap peringatan bagi barang dalam negeri.

JAKARTA- Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Anggito Abimanyu mengatakan selama sebulan dilaksanakannya Asean China Free Trade Agreement (ACFTA)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News