Ada 2 Ambulans Indonesia untuk Korban Topan Gita di Samoa

Ada 2 Ambulans Indonesia untuk Korban Topan Gita di Samoa
Dua ambulans bantuan dari masyarakat Indonesia untuk Tonga. Foto: KBRI Wellington

jpnn.com, APIA - Bencana Topan Gita yang menerjang Samoa pada Februari lalu menggugah kepedulian masyarakat Indonesia. Ada bantuan berupa dua ambulans dari Indonesia untuk negeri pulau di Samudra Pasifik yang beribu kota di Apia itu.

Penyerahan dua ambulans bantuan itu dilakukan oleh Utusan Khusus Presiden Joko Widodo untuk Pencalonan RI di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) M Luthfi di Apia, Senin (26/3). Ikut serta dalam prosesi penyerahan dua ambulans itu adalah Tantowi Yahya selaku Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga.

Sebagaimana siaran pers KBRI Wellington, Luthfi menyerahkan dua ambulans bantuan dari masyarakat Indonesia kepada Menteri Kesehatan Samoa Hon. Tuitama Dr. Talalelei Tuitama. Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa Hon. Afamasaga Lepuiai Rico Tupai juga hadir pada acara itu.

“Kedua ambulans merupakan simbol kedekatan hubungan dan kekerabatan antara masyarakat Indonesia dan Samoa,” ujar Tantowi.

Ada 2 Ambulans Indonesia untuk Korban Topan Gita di Samoa

Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga Tantowi Yahya (berbatik) bersama Utusan Khusus Presiden untuk Pencalonan RI di DK PBB M Luthfi saat menyerahkan bantuan dua unit ambulans untuk Samoa di Apia, Senin (26/3). Foto: KBRI Wellington

Topan Gita yang menerjang Samoa pada 12 Februari 2018 menyebabkan banjir dan angin kencang. Imbasnya, beberapa fasilitas kesehatan mengalami kesulitan air dan permasalahan lainnya, termasuk demam berdarah, penyakit pencernaan dan trauma pasca-bencana.

Karena itu Pemerintah RI melalui KBRI Wellington mengirimkan ambulans untuk membantu rumah sakit di Samoa. “Ini demi meningkatkan kapasitas pelayanan dan guna menjangkau masyarakat di daerah yang sulit dijangkau,” sambung Tantowi.

Bencana Topan Gita yang menerjang Samoa pada Februari lalu menggugah kepedulian masyarakat Indonesia dengan mengirimkan bantuan berupa dua unit ambulans.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News