Ada 3 Kecamatan Baru, Nunukan Siap Rekrut CPNS di Tahun 2016

Ada 3 Kecamatan Baru, Nunukan Siap Rekrut CPNS di Tahun 2016
MAKIN MAJU – Pembangunan yang terus menggeliat menjadikan Kabupaten Nunukan semakin maju. Foto: IST

jpnn.com - NUNUKAN - Tiga kecamatan baru di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara),  yakni Kecamatan Krayan Timur, Krayan Barat dan Krayan Tengah resmi dimekarkan Pemkab Nunukan. Agar bisa menjalankan roda pemerintahannya dengan baik, ketiga kecamatan di wilayah perbatasan itu bakal diguyur dana operasional sebesar Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar.

“Itu untuk anggaran 2016-nya yang sudah disusun,” kata Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Nunukan Drs Tommy Harun.

Dikatakannya, meskipun secara de jure DPRD sudah melahirkan peraturan daerah, ketiga kecamatan baru tersebut belum dapat menjalankan roda pemerintahannya. Sebab, masih menunggu kode wilayah dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (PPU) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Setelah itu, kata Tommy ketiga kecamatan baru ini bakal diisi seorang Pelaksana Tugas (Plt) camat untuk menjalankan pemerintahan. “Penempatan Plt ini dilakukan setelah resmi memperoleh kode kecamatan dari Dirjen PPU,” ujar Tommy.

Dijelaskan, penempatan seorang Plt di masing-masing kecamatan ke 17, 18 dan 19 di Kabupaten Nunukan tersebut memiliki alasan tidak ditempatkannya seorang camat defenitif. Ia menjelaskan, dengan momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang tengah berjalan saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan pergeseran atau mutasi jabatan.

“Ini masih suasana pilkada, setelah pelaksanaan pilkada baru kami tunjuk camatnya. Jadi, saat ini Plt dulu untuk mengisi sementara,” jelas Tommy.

Untuk pejabat yang bakal mengisi tiga jabatan tersebut, lanjut Tommy, dapat berasal dari kecamatan setempat ataupun pejabat di lingkungan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Nunukan.

“Jadi, nanti dilihat dulu yang mana lebih efisien. Karena kalau dari kabupaten (Nunukan, Red.) lebih jauh dengan biaya yang juga akan lebih besar. Mungkin di kecamatan yang bisa (menjadi Plt camat, Red),” jelasnya.

NUNUKAN - Tiga kecamatan baru di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara),  yakni Kecamatan Krayan Timur, Krayan Barat dan Krayan Tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News