Sabtu, 17 November 2018 – 03:07 WIB

Ada 4.500 Perguruan Tinggi, Mayoritas Mutu Rendah

Selasa, 19 Desember 2017 – 15:35 WIB
Ada 4.500 Perguruan Tinggi, Mayoritas Mutu Rendah - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Ali Ghufron Mukti menyoroti masih rendahnya kualitas perguruan tinggi (PT) di tanah air.

Dia menyebut, dari sekitar 4.500 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yanga ada saat ini, sebagian besar mutunya di bawah standar.

"Indonesia potensinya luar biasa. Jumlah dosennya, mahasiswanya, PT-nya sangat banyak. Masalahnya, Indonesia hanya menang di kuantitasnya. Sedangkan kualitasnya masih jauh," kata Prof Ghufron di Jakarta, Selasa (19/12).

Dia menyebutkan, masih rendahnya mutu PT dilihat dari minimnya PTN yang masuk dalam rangking dunia. Dari 138 PTN, hanya tiga yang masuk dalam daftar 500 perguruan tinggi terbaik dunia.

"Rangking memang bukan segalanya tapi seorang rektor harus tahu PT di rangking berapa. Karena rangking bisa jadi tolok ukur kualitas PT. Di sini peran leadership harus menonjol," terangnya.

Rektor selaku leadership harus mampu membaca peluang serta menciptakan inovasi. PT akan maju atau tidak tergantung leadership nya.

"Pemerintah sudah menopang dana dan kebijakan tapi rektor harus punya inovasi. Jangan hanya bergantung terus ke pemerintah untuk meningkatkan mutu," tegasnya.

Salah satu upaya Kemenristekdikti meningkatkan mutu pendidikan PT adalah dengan mengundang diaspora.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar