Ada 500 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Toraja

Ada 500 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Toraja
Dirjen perhubungan udara Kemenhub Suprasetyo bersama anggota Komisi V ditemani Bupati Tana Toraja saat melakukan kunjungan ke Bandara Buntukunik. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae berharap pembangunan Bandara Buntukunik bisa segera dimulai.

Di mana saat ini Kementerian Perhubungan tengah melakukan kajian teknis pembangunan Bandara Buntukunik selama tiga bulan.

"Transportasi udara merupakan satu-satunya akses yang cepat bagi warga Toraja ke ibukota provinsi dan daerah lain. Karena kami tidak punya laut, dan jalan ke ibukota provinsi di Makassar bisa memakan waktu hingga 8 jam," ujar Nicodemus.

Nicodemus meyakini transportasi udara juga akan bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Toraja.

Saat ini, kata dia ada sekitar 200 ribu wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja dan 300 ribu yang berkunjung ke Toraja Utara tiap tahun.

"Bandara Pong Tiku yang ada saat ini sangat terbatas lahan pengembangannya. Dengan bandara baru yang landas pacunya lebih panjang, bisa melayani pesawat yang lebih besar sehingga jumlah wisatawan yang berkunjung ke sini juga lebih banyak," kata Nicodemus.

Bandara Pong Tiku mempunyai landas pacu sepanjang 1.300 meter dan akan diperpanjang menjadi 1.400 meter.

Pesawat yang bisa beroperasi di bandara ini adalah ATR 42 dan Fokker F50.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae berharap pembangunan Bandara Buntukunik bisa segera dimulai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News