Ada 97 Ribu PNS Misterius, Pimnas PPI Desak Presiden Bentuk Tim Investigasi

Ada 97 Ribu PNS Misterius, Pimnas PPI Desak Presiden Bentuk Tim Investigasi
Pimnas PPI ikut menyoroti soal adanya 97 ribu PNS misterius atau PNS hantu. Foto: Humas Pimnas PPI

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia (Pimnas PPI) ikut menyoroti adanya 97 ribu PNS misterius.

Para PNS dan pensiunan yang ternyata orangnya tidak ada alias misterius itu masih mendapatkan alokasi gaji dari negara selama puluhan tahun.

Terkait dengan kenyataan tersebut, maka Pimnas PPI perlu menyampaikan sikap dan pandangan sebagai berikut:

1. Prihatin dengan kenyataan adanya "PNS Hantu" yang jumlahnya sangat mengejutkan. Meskipun diklaim sudah terjadi perbaikan data, tetapi sekaligus diakui bahwa masih belum seluruhnya.

“Berarti masih ada PNS Hantu yang mencerminkan ketidakseriusan reformasi birokrasi, bahkan untuk yang paling elementer. Yakni data yang tidak valid dipergunakan dalam durasi waktu yang panjang,” demikian keterangan pers Pimnas PPI yang diteken Presidium Andy Soebjakto dan Sekretaris Jendral Gede Pasek Suardika, Selasa (25/5).

2. Mendesak Pemerintah, dalam hal ini BKN untuk sungguh-sungguh dan segera melakukan pemutakhiran dan sekaligus validasi data PNS, sehingga dalam waktu dekat sudah tidak ada data-data "aspal" terkait jumlah PNS.

“Presiden dan Menteri PAN-RB perlu memberikan perhatian serius terhadap masalah ini, sehingga tidak berlarut-larut.”

3. Mendesak aparat penegak hukum (Kepolisian, Kejaksaan, dan KPK) untuk turun tangan, melakukan penelitian dan pendalaman terhadap kasus ini.

Pimpinan Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia (Pimnas PPI) mendesak aparat penegak hukum mengusut masalah 97 ribu PNS misterius atau PNS hantu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News