Ada Antek ISIS Susupi #2019GantiPresiden untuk Bikin Chaos

Ada Antek ISIS Susupi #2019GantiPresiden untuk Bikin Chaos
Bendera kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pelaksana Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikalisasi (PAKAR) Adhe Bakti menduga pendukung khilafah dan simpatisan Negara Islam Irak Suriah (ISIS) menjadi pegiat di gerakan #2019GantiPresiden. Pemerhati terorisme dan politik Timur Tengah itu mengatakan, pendukung khilafah dan simpatisan ISIS menunggangi #2019GantiPresiden bukan untuk pesta demokrasi namun demi kepentingan politik mereka.

Menurut Adhe, penumpang gelap #2019GantiPresiden memanfaatkan mekanisme demokrasi demi mengganti sistem menjadi khilafah. "Jadi bukan peduli pada esensi demokrasinya, tapi betul-betul take advantage pada momentum itu," ujarnya, Senin (10/9)

Lebih lanjut Adhe menyodorkan contoh untuk memperkuat argumennya. Ada Abu Nusaibah yang dikenal sebagai pimpinan kelompok pro-ISIS di Bekasi yang ikut Aksi 411 pada 4 November 2016 untuk mendesak Basuki T Purnama alias Ahok diadili jelang Pilkada DKI 2017.

Namun, Adhe menduga Nusaibah tak peduli pada Pilkada DKI ataupun tuduhan Ahok menista agama. Sebab, tujuannya adalah membuat rusuh untuk menciptakan chaos menuju revolusi.

“Sebab jika terjadi revolusi, pergantian kekuasaan atau kerusuhan untuk itu hanya bisa dilakukan ketika mereka sudah bisa menguasai persenjataan. Inilah yang akan berbahaya jika gerakan ini dimanfaatkan oleh kelompok pro ISIS," beber Adhe.

Menurut Adhe, ISIS merupakan kelompok teroris berkedok agama. Dia menyebut penebar teror yang bermarkas di Irak dan Suriah itu membajak Islam untuk syahwat kekuasaanya.

Akibatnya, wajah Islam menjadi buruk di mata dunia karena aksi-aksi ISIS yang dikenal brutal dan sadis. Ternyata ISIS melebarkan jaringannya, termasuk ke Indonesia sejak 2014.

Akhirnya di Indonesia ada Jemaah Ansharud Daulah (JAD) yang berbaiat ke ISIS. Para anggotanya pun terlibat serangkaian aksi kekerasan dan terorisme sejak 2014 seperti penembakan terhadap polisi, masyarakat umum, hingga pengeboman tempat ibadah melalui aksi bunuh diri. Dari mulai membunuh anggota polisi, masyarakat umum, tempat ibadah dan yang lainnya dengan cara aksi bom bunuh diri.

Pengamat terorisme Adhe Bakti menyatakan, pendukung khilafah dan ISIS menunggangi #2019GantiPresiden bukan untuk pesta demokrasi tapi demi kepentingan mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News