Ada Fosil Keong Berusia Jutaan Tahun, Nih Fotonya

Ada Fosil Keong Berusia Jutaan Tahun, Nih Fotonya
Fosil keong yang ditemukan di Sungai Kalenkendal di Dukuh Margajaya, Desa Tonggara Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Minggu (22/1). Foto: radartegal.com

jpnn.com - jpnn.com - Sungai Kalenkendal di Dukuh Margajaya, Desa Tonggara Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal ternyata menyimpan fosil purbakala. Ada fosil keong yang diperkirakan berusia 2 juta tahun yang ditemukan di sungai itu.

Pelaksana Kegiatan Pelestarian Situs Purbakala dan Sejarah Kabupaten Tegal, Slamet mengatakan, fosil itu ditemukan secara tak sengaja. “Saya menemukan keong purbakala ini saat saya melakukan monitoring zonasi di wilayah Desa Tonggara," katanya seperti diberitakan radartegal.com.

Dia mengaku sudah sering menemukan fosil hewan di sejumlah tempat. Selain keong, Slamet juga pernah menemukan fosil tulang kaki kerbau dan serpihan gigi gajah.
Kedua fosil itu diperkirakan berusia jutaan tahun. "Saya juga menemukan fosil-fosil itu di sekitar Sungai Dukuh Margajaya," ujarnya.

Dia menengarai di wilayah Desa Tonggara masih banyak fosil-fosil purbakala yang belum ditemukan. Untuk itu, dia berharap kepada para penggali pasir di desa tersebut supaya berhati-hati.

Jika ada yang menemukan fosil, katanya, sebaiknya segera melaporkannya ke dinas terkait. "Langsung lapor ke kepala desa atau ke dinas saja," sarannya.

Dia menjelaskan, sebagian wilayah di Kabupaten Tegal pada zaman dahulu adalah lautan luas. Tak heran, di Kabupaten Tegal kerap ditemukan fosil hewan laut yang berusia jutaan tahun. Utamanya di wilayah Desa Semedo dan Tonggara Kecamatan Kedungbanteng.

"Fosil yang kami temukan jumlahnya sudah banyak. Sudah kami serahkan ke dinas terkait," pungkasnya.(yer/zul/jpg)


Sungai Kalenkendal di Dukuh Margajaya, Desa Tonggara Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal ternyata menyimpan fosil purbakala. Ada fosil keong


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News