Ada Kepulan Asap Hitam dari Dalam Hutan, Untung Warga Cepat Beraksi

Ada Kepulan Asap Hitam dari Dalam Hutan, Untung Warga Cepat Beraksi
Petugas gabungan mengatasi kebakaran hutan di Kampung Kebundesa, Desa/Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Sabtu (9/11/2019). Foto : Antara/Aditya Rohman

jpnn.com, SUKABUMI - Sekitar delapan hektare hutan di Kampung Kebundesa, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu terbakar.

Hingga kini petugas gabungan yang dibantu relawan potensi SAR masih berupaya memadamkan api.

"Penyebab kebakaran hutan di Desa/Kecamatan Nyalindung ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," kata Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi.

Informasi yang dihimpun, kebakaran hutan tersebut baru diketahui saat ada kepulan asap hitam dari dalam hutan.

Warga dan relawan yang berada di lokasi mencoba memadamkan api dengan alat seadanya menunggu petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Kondisi cuaca yang terik ditambah hutan kering dan banyak ranting pohon membuat api dengan mudah membesar dan merembet dari satu titik ke titik yang lain.

Bahkan petugas pun cukup kesulitan memadamkan api karena lokasi yang sulit ditembus kendaraan.

Tidak lama beberapa unit mobil damkar tiba di lokasi untuk memadamkan api. Namun, kendaraan tidak bisa masuk ke lokasi dan harus menggunakan selang yang panjang untuk menyemprotkan ke titik api.

Kondisi cuaca yang terik ditambah hutan kering dan banyak ranting pohon membuat api dengan kepulan asap hitam mudah membesar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News