Ada Lembaga Survei Tempatkan Elektabilitas Jokowi Tinggal Sebegini

Ada Lembaga Survei Tempatkan Elektabilitas Jokowi Tinggal Sebegini
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Mayoritas lembaga survei saat ini menempatkan elektabilitas Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf) di atas Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno. Namun, ada lembaga survei yang memosisikan elektabilitas Prabowo - Sandi jauh di atas duet Jokowi - Ma’ruf.

Adalah lembaga survei Bimata Politica Indonesia (BPI) yang menempatkan elektabilitas Prabowo - Sandi di angka 55,19 persen. Sebaliknya, elektabilitas Jokowi - Ma’ruf sebagai petahana hanya 36,3 persen.

Menurut Direktur Eksekutif BPI Panji Nugraha, survei lembaga pimpinannya pada 23-29 Maret 2019 itu memperlihatkan adanya perubahan yang sangat dinamis. "Perubahan elektabilitas kedua kandidat dalam sebulan ini, bahkan hari-hari terakhir sebelum pemilihan, cenderung sangat dinamis dan mengikuti isu per isu," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (5/4).

Panji menjelaskan, ada sejumlah isu yang menyebabkan migrasi pemilih Jokowi - Ma’ruf ke Prabowo - Sandi. Di antaranya adalah isu netralitas aparatur negara dan korupsi di era pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga:

Elektabilitas Prabowo Terus Naik, Sayangnya...

Prabowo Unggul di Banten, Jabar & DKI, tetapi Jokowi Belum Tertandingi

Ada Lembaga Survei Tempatkan Elektabilitas Jokowi Tinggal Sebegini

Pada saat mayoritas lembaga survei mengunggulkan Jokowi - Ma'ruf, ada pollster bernama Bimata Politica Indonesia (BPI) yang menempatkan elektabilitas Prabowo - Sandi di atas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News