Ada Lombok Tahan Sakit dan si Mungil yang Superpedas

Ada Lombok Tahan Sakit dan si Mungil yang Superpedas
TEKUN : M. Syukur (tengah) dan dua asistennya berada di kebun Cabai, Tomat dan Jagung Manis di belakang rumahnya.Foto: Jawa Pos
M. Syukur layak menyandang sebutan doktor cabai. Bayangkan, sudah 13 tahun pengajar Institut Pertanian Bogor (IPB) itu meneliti cabai. Termasuk, tentu saja, mencicipi kadar kepedasan ratusan varietas cabai temuannya.

GUNAWAN SUTANTO, Bogor

Selain mengajar, hari-hari M. Syukur banyak dihabiskan di rumah. Rumah di kompleks dosen Alam Sinar Sari, Cibeureum, Dramaga, Bogor, itu telah disulap menjadi ’’laboratorium’’ cabai. Terletak di belakang rumahnya, laboratorium itu berupa sebuah bangunan yang cukup asri –dikelilingi taman dan kolam ikan-- serta lahan kebun cabai seluas 600 meter persegi.

Sabtu (20/7), ketika Jawa Pos berkunjung ke rumahnya, M. Syukur sedang di kebun. Dibantu dua mahasiswa yang menjadi asistennya, dia tengah mengecek pertumbuhan benih-benih cabai varietas baru temuannya. Salah satunya cabai hibrida IPB CH3 dan Seloka IPB. Keduanya merupakan varietas cabai unggul yang dihasilkan Syukur dalam penelitiannya yang berada di bawah naungan Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB.

   

’’IPB CH3 mulai diteliti 2003 dan baru dirilis 2010. Itu merupakan varietas sayuran pertama yang dirilis perguruan tinggi. Yang ada selama ini varietas milik perusahaan,’’ papar pria kelahiran Sri Kembang, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, itu.

M. Syukur layak menyandang sebutan doktor cabai. Bayangkan, sudah 13 tahun pengajar Institut Pertanian Bogor (IPB) itu meneliti cabai. Termasuk,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News