Ada Lonjakan Kasus Covid-19 di Bangkalan, RSU dr Soetomo Siapkan Bantuan

Ada Lonjakan Kasus Covid-19 di Bangkalan, RSU dr Soetomo Siapkan Bantuan
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memantau pelaksanaan tes antigen massal yang digelar di pintu keluar Jembatan Suramadu ke arah Kota Surabaya, Jatim, Minggu (6/6/2021) sore. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jpnn.com, SURABAYA - RSUD dr Soetomo Surabaya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur (Jatim) dan RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu, Bangkalan terkait penanganan pasien Covid-19.

Direktur Utama RSUD dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi mengatakan koordinasi yang dilakukan di antaranya menyiapkan pasokan obat dan mobil PCR.

"Mobil itu nanti akan berguna untuk melakukan percepatan pelacakan atau tracing para pasien yang terpapar. Nanti insyaallah akan dapat bantuan dari Kementerian Kesehatan," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (6/6).

Selain dua bantuan itu, Joni menyebut rumah sakitnya siap menerima rujukan pasien Covid-19 dari Bangkalan.

Dia memastikan ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di RSUD dr Soetomo masih banyak. Tingkat keterisiannya ada 38 pasien dari 250 kapasitas yang tersedia.

"ICU kami sekarang terisi lima pasien, yang dua pasien dari Bangkalan. Beberapa juga dirawat di ruang lain," ungkap Joni.

Menurut Joni, pasien Covid-19 dari Bangkalan nantinya akan diambil sampel virusnya untuk dilakukan whole genom sequencing guna meneliti apakah ada varian baru atau tidak.

"Mekanisme sudah kami permudah, apabila ada pasien sedang berat dari Bangkalan bisa dirujuk ke Soetomo. Kami sudah punya grup khusus saling komunikasi bantu Bangkalan," pungkas Joni. (mcr12/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

RSUD dr Soetomo Surabaya menyiapkan pasokan obat dan mobil PCR untuk membantu percepatan tracing Covid-19 di Bangkalan.


Redaktur & Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News