Ada Paket Internasional Boneka Mainan Anak, Ternyata Isinya Mengejutkan

Ada Paket Internasional Boneka Mainan Anak, Ternyata Isinya Mengejutkan
Bea Cukai membongkar isi boneka dari paket internasional. Foto : Humas Bea Cukai

jpnn.com, MAKASSAR - Modus kejahatan narkotika di wilayah Indonesia Timur kian meningkat, terbukti dari adanya temuan oleh Sinergi Bea Cukai dan instansi terkait dalam minggu-minggu terakhir ini.

Operasi gabungan kali ini menggagalkan pemasok narkoba yang berusaha menyelundupkan pil ekstasi di dalam tubuhnya pada 16 dan 21 September 2019 lalu.

Keberhasilan penggagalan penyelundupan diawali informasi personel BNNP Sulsel yang kemudian ditindaklanjuti oleh petugas Kanwil Bea Cukai Sulbagsel dan Bea Cukai Makassar dan Avsec Lion Air Group.

Tim gabungan kemudian menindak tersangka yang menggunakan pesawat Batik Air Rute Pekanbaru-Jakarta-Makassar.

Saat pemeriksaan ditemukan satu bungkusan plastik berisi tablet obat terlarang Jenis Ecstasy/Inex berjumlah 497 butir yang disembunyikan di selangkangan penumpang tersebut.

Selanjutnya pelaku dibawa menuju Kantor BNNP Sulsel untuk proses lebih lanjut. Berselang kurang dari 1 minggu kemudian, pada 21 September 2019, tim gabungan kembali menggagalkan pengiriman 10 butir narkoba jenis ekstasi yang dikirim via paket internasional.

Modus yang digunakan adalah menyembunyikan pil ekstasi tersebut dalam boneka mainan anak-anak. Petugas kemudian melakukan controlled delivery dan mengamankan tersangka pelaku yang berdomisili Makassar.

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Padmoyo Triwikanto, menyampaikan bahwa keberhasilan Bea dan Cukai dalam menggagalkan penyelundupan narkotika ini merupakan hasil sinergi antar instansi, yaitu Ditjen Bea Cukai, BNNP Sulsel, Avsec, Airline dan Pos Indonesia.

Pelaku memakai modus dengan boneka mainan anak-anak agar bisa mengelabui petugas Bea Cukai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News