Ada Pemalakan di Bandara Mopah, Lion Air JT-794 Terpaksa RTB, Begini Kronologinya

Ada Pemalakan di Bandara Mopah, Lion Air JT-794 Terpaksa RTB, Begini Kronologinya
Pesawat Lion Air JT-794 terpaksa kembali ke bandara asal di Sentani, Jayapura, karena bandara tujuan di Mopah, Merauke, ada kasus pemalakan. Ilustrasi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, MERAUKE - Pesawat Lion Air JT-794 terpaksa kembali (return to base) ke Bandara Sentani, Jayapura, karena terjadi pemalakan oleh sekelompok orang di runway Bandara Mopah, Merauke, pada Selasa (31/5).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan kronologi peristiwa kembalinya pesawat itu ke bandara asal.

Dia memaparkan, pesawat jenis Boeing 737-900ER yang membawa 7 awak pesawat dan 134 penumpang itu mengudara dari Bandara Sentani pada pukul 06.55 WIT dan diperkirakan sampai di Bandara Mopah pukul 08.30 WIT.

''Namun, Lion Air menerima informasi resmi dari otoritas penerbangan berupa notice to airmen nomor B0952/22 NOTAMC B0951/22 bahwa Bandara Mopah ditutup sementara karena alasan keselamatan,'' ungkapnya.

Danang melanjutkan, ada pemalangan oleh sekelompok orang di landasan pacu (block runway) Bandara Mopah.

''Pilot berkomunikasi dengan pengatur lalu lintas udara dan memutuskan untuk return to base (RTB),'' ungkapnya.

Kemudian, pesawat ini kembali mendarat di Bandara Sentani pukul 07.30 WIT.

Seluruh penumpang harus menunggu di ruang tunggu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pesawat Lion Air JT-794 terpaksa harus kembali ke bandara asal di Sentani, Jayapura, karena ada kasus pemalakan di bandara tujuan, Mopah, Merauke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News