Ada Perdarahan Lagi di Otak Kiri Putra

Ada Perdarahan Lagi di Otak Kiri Putra
Ada Perdarahan Lagi di Otak Kiri Putra
SURABAYA - Sulit diprediksi. Itulah perkembangan hari per hari kondisi Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra sejak ditransplantasi liver pada 24 April lalu. Kemarin sore (11/5), tim dokter RSUD dr Soetomo kembali menemukan sumber perdarahan di otak kirinya. Titik perdarahan kali ini tidak sama dengan yang pernah diatasi pada operasi otak kedua pada Kamis lalu (29/4), meski lokasinya sama-sama di otak kiri.

Sebagaimana diketahui, Rabu (28/4) dan Kamis (29/4), Ramdan "yang kini lebih sering dipanggil Putra" menjalani dua kali pembedahan otak (trepanasi). Pada Rabu itu, trepanasi dilakukan untuk menghentikan perdarahan pada otak kanan depan. Keesokannya, trepanasi kembali dilakukan karena terjadi perdarahan baru pada otak kirinya.

Perdarahan yang terjadi kemarin tak sebesar perdarahan sebelumnya. Darah yang dikeluarkan Putra hanya sekitar 17 cc. Kesadarannya juga tak sampai menurun drastis seperti ketika kali pertama mengalami perdarahan otak. Ketika dicubit atau dipanggil, dia merespons dengan menarik tangan atau kakinya serta menoleh. Tapi, gerak tubuhnya memang tak seaktif biasanya.

Adanya perdarahan baru itu diketahui saat dilakukan whole body CT-scan (CT-scan sekujur tubuh) oleh tim Radiologi RSUD dr Soetomo yang diawaki dr Hartono Yudi Sarastika SpRad(K) dan dr Rosy Setiawati SpRad kemarin sore.

SURABAYA - Sulit diprediksi. Itulah perkembangan hari per hari kondisi Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra sejak ditransplantasi liver

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News