Ada Permintaan Khusus dari Wapres untuk Pelaku UMKM, Begini

Jumat, 18 Juni 2021 – 15:55 WIB
Ada Permintaan Khusus dari Wapres untuk Pelaku UMKM, Begini - JPNN.com
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpidato pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia “Kilau Digital Permata Flobamora” Nusa Tenggara Timur 2021, Jumat (18/6/2021). (Asdep KIP Setwapres)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan permintaan khusus bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia.

Wapres meminta agar para pelaku UMKM mengutamakan penjualan produk-produk hasil karya dalam negeri.

Wapres menyampaikan hal itu saat membuka acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 'Kilau Digital Permata Flores, Sumba, Timor dan Alor (Flobamora)' Nusa Tenggara Timur 2021, secara virtual dari kediaman dinas wapres Jakarta, Jumat (18/6).

"Mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga menggunakan produk anak bangsa dan turut memajukan perekonomian lokal. Konsumen diharapkan lebih memilih produk dalam negeri, khususnya UMKM," ujar Wapres.

Wapres lebih lanjut mengatakan, penggunaan produk dalam negeri dalam UMKM didukung penuh oleh pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12/2021 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

"Komitmen pemerintah untuk mengutamakan penggunaan produk lokal UMKM yaitu dengan adanya kewajiban alokasi 40 persen bagi UMKM dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah," katanya.

Dengan Perpres itu pula Wapres berharap UMKM dapat berperan lebih luas dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Wapres meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dapat menggunakan ajang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk memajukan perekonomian daerah.

Sumber ANTARA

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...