Ada Perubahan di SNMPTN 2022, Simak Penjelasan LTMPT

Ada Perubahan di SNMPTN 2022, Simak Penjelasan LTMPT
Ilustrasi SNMPTN. Foto: dok. JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru tahun 2022.

Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) ada tiga jalur, salah satunya seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Dua jalur lainnya, yaitu ujian tes berbasis komputer untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK-SBMPTN) dan jalur mandiri.

Ketua LTMPT 2022 Mochamad Ashari menyebut ada 126 PTN yang akan ikut dalam SNMPTN 2022. Mulai universitas, institut, politeknik negeri dan beberapa perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama.

Sementara itu, Ketua II LTMPT Eduart Wolok menjelaskan tata cara dan syarat sekolah yang mengikuti SNMPTN dan SBMPTN tidak banyak perubahan.

Namun, akan ada penyesuaian jadwal pelaksanaan dari masing-masing jalur seleksi, menyesuaikan dengan jadwal Idulfitri 2022.

"Karena masih pandemi ketentuan pelaksanaan tes sesuai saran Satgas Covid-19 tetap berlaku,” ucap Eduart dalam konferensi pers daring, Minggu (12/12).

Dia juga bangga karena nilai LTMPT digunakan oleh perguruan tinggi swasta (PTS) dan sekolah kedinasan dalam penerimaan mahasiswa barunya. Hal itu menandakan kredibilitas lembaganya bisa dipertanggungjawabkan.

Ada beberapa perubahan dalam proses SNMPTN 2022 dan UTBK SBMPTN yang akan digelar oleh LTMPT. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News