Ada Rektor Diintimidasi, Anies: Ini Era Mengungkapkan Pendapat Secara Otentik

Ada Rektor Diintimidasi, Anies: Ini Era Mengungkapkan Pendapat Secara Otentik
Capres Anies Baswedan berkampanye di Lapangan Lumpue, Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2/2024). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, PAREPARE - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyampaikan pandangannya terkait sejumlah rektor yang mengaku diminta aparat untuk menyatakan dukungan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sekarang ini era untuk mengungkapkan pandangan secara otentik, sudah lewat masanya untuk melakukan operasi-operasi yang bersifat kosmetik, tidak akan bisa berhasil," kata Anies pada wartawan di Lapangan Lumpue, Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2).

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu sendiri mengatakan bahwa sesuatu yang dibuat-buat akan terungkap kebenarannya.

"Semuanya akan terungkap. Kemarin saya sampaikan, becik ketitik, ala ketara. Kita natural aja dan menyaksikan kampus-kampus kan mengungkapkan pandangan yang senyatanya dari masyarakat," tukasnya.

Secara tegas, ia menekankan bahwa jika ada kritik maka akan lebih baik disikapi secara hormat, seperti layaknya pujian untuk Jokowi.

"Kita lihat saja kan kita tidak pernah melarang mendukung, tidak pernah melarang orang mengkritik bukan, itu adalah kebebasan berekspresi. Negara tidak bisa mengatur pikiran," tukas Anies.

"Negara bisa mengatur tindakan. Selama perbuatannya tidak melanggar hukum itu boleh. Tapi tidak boleh diatur pikirannya karena pikiran tidak bisa diatur oleh negara," tutupnya. (jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Anies menekankan bahwa jika ada kritik maka akan lebih baik disikapi secara hormat, seperti layaknya pujian untuk Jokowi


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News