Anies: Banyak Sekali Nelayan yang Mengeluh

Anies: Banyak Sekali Nelayan yang Mengeluh
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-Timnas AMIN

jpnn.com - PAREPARE - Calon Presiden Pemilu 2024 Anies Baswedan menilai nelayan penting mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Pasalnya, kehidupan para nelayan banyak yang di bawah garis kemiskinan. Wilayah melaut yang makin sempit dinilai berpengaruh terhadap pendapatan para nelayan sehari-hari.

Calon presiden nomor urut 1 ini mengatakan hal tersebut saat berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2).

"Banyak sekali nelayan yang mengeluh. Mereka nelayan kecil yang ingin melaut jauh, tetapi mereka dipangkas oleh aturan hanya boleh melaut sejauh 12 mil dari tepi pantai," ujar Anies dalam keterangannya.

Dia menjelaskan dengan makin sempitnya ruang lingkup melaut para nelayan, membuat kesejahteraan mereka tidak meningkat dan timpang dengan pelaku usaha perikanan yang sudah mapan.

Selain itu, kata Anies, bahan bakar solar juga sulit dijangkau, makin memperparah kondisi nelayan untuk melaut dam mencari nafkah.

"Sudah tidak bisa melaut jauh, solarnya juga sulit, apa yang mereka bisa rasakan kemajuannya? Insyaallah, perubahan akan terjadi pada nelayan," katanya.

Kampanye Anies di tempat tersebut tampak disambut antusias masyarakat Sulawesi Selatan.

Calon Presiden Pemilu 2024 Anies Baswedan mengatakan ada banyak sekali nelayan yang menyampaikan keluhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News