Ada Tren Basis Dukungan PDIP Meluas di Pilkada 2017

Ada Tren Basis Dukungan PDIP Meluas di Pilkada 2017
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - PDI Perjuangan merasa bungah dengan hasil pilakda serentak 2017. Pasalnya, kemenangan jago-jago yang diusung PDIP pilkada menunjukkan semakin luasnya basis partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Berdasar klaim yang disodorkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, partainya memenangi pilkada di 57 daerah. Atau setara 56,4 persen dari 101 daerah yang menggelar pilkada.

"Kami berhasil menang di banyak daerah, terakhir 56,4 persen atau menang 57 daerah. Ini artinya ada  perluasan basis dukungan PDIP," kata Hasto di dalam jumpa pers kantor DPP PDI Perjuangan, Sabtu (18/2).

Hasto menambahkan, pada pilkada serentak 2017 ini PDIP hanya bisa mengusung calon sendiri sebanyak 28 persen. Angka itu tak lebih tinggi dibanding saat pilkada serentak 2015.

Namun, hasil yang diraih ternyata lebih besar dari sebelumnya. Target kemenangan terlampaui. 

Misalnya, PDIP bisa mengantar jagonya memenangi pemilihan gubernur di Nanggroe Aceh Darussalam dan Papua Barat. Calon yang diusung PDIP juga menang di pilgub Sulawesi Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Khusus pilkada DKI, PDIP tengah mempersiapkan diri menghadapi putaran kedua. Sebab, duet Basuki T Purnama-Djarot S Hidayat harus bersaing di putaran kedua pilkada DKI.

"Untuk DKI Jakarta nanti akan masuk putaran kedua, tapi statusnya (putaran pertama) kami menang. Dan kami yakin, putaran kedua juga nanti akan menang," ujar Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah.

PDI Perjuangan merasa bungah dengan hasil pilakda serentak 2017. Pasalnya, kemenangan jago-jago yang diusung PDIP pilkada menunjukkan semakin luasnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News