Ada Wacana DPR Tak Gunakan Haknya Memilih Calon Kapolri

Ada Wacana DPR Tak Gunakan Haknya Memilih Calon Kapolri
Ada Wacana DPR Tak Gunakan Haknya Memilih Calon Kapolri

jpnn.com - JAKARTA - DPR RI dikabarkan enggan menggunakan haknya dalam proses pemilihan calon Kapolri. Hal itu diungkapkan anggota Tim Independen Penanganan Kisruh Polri dengan KPK Jimly Asshiddiqie.

"Tadi, saat pertemuan dengan pimpinan dewan, ada wacana DPR tidak akan menggunakan haknya dalam proses pemilihan calon Kapolri," kata Jimly usai bertemu impinan DPR di Gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senin (6/4).

DPR berkaca pada pengalaman calon Kaporli Budi Gunawan lalu. Saat itu, DPR sudah sepakat memilih Budi sebagai Kapolri. Namun, Presiden Joko Widodo ternyata tak melantiknya.

“Nanti kalau DPR setujui lagi calon Kapolri Badrodin Haiti, lalu Presiden Jokowi tidak melantik lagi, ini gimana?” tambah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Selain membahas calon Kapolri, Tim Idependen bersama Pimpinan DPR juga membicarakan masalah calon Wakil Kapolri. Jimly mengaku mendapat informasi bahwa pertemuan DRD dengan Jokowi sudah menemukan alternatif soal Wakapolri.

"Wakil Kapolri diserahkan kepada internal Polri memilihnya. Saya kira itu jalan keluar terbaik sehingga kami bisa fokus soal jabatan Kapolri saja. Kalau itu skenarionya, dalam waktu 20 hari ke depan kita mendapatkan Kapolri definitif," ungkap Jimly. (fas/jpnn)


JAKARTA - DPR RI dikabarkan enggan menggunakan haknya dalam proses pemilihan calon Kapolri. Hal itu diungkapkan anggota Tim Independen Penanganan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News