Adang #2019GantiPresiden gak Efektif, Mending Lakukan Ini

Adang #2019GantiPresiden gak Efektif, Mending Lakukan Ini
Tulisan #2019GantiPresiden mewarnai demo buruh pada Hari Buruh, Jakarta, Selasa (1/5). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai, pihak yang tidak setuju dengan gerakan #2019GantiPresiden sebaiknya aktif mengampanyekan keberhasilan pemerintahan Jokowi selama memimpin Indonesia empat tahun terakhir.

Emrus meyakini, langkah tersebut jauh lebih efektif daripada turun ke jalan mengadang pihak yang sibuk menggagas gerakan #2019GantiPresiden.

"Saya kira jauh lebih efektif menyajikan keberhasilan pembangunan pada semua sektor yang ditangani disertai laporan keuangan yang transparan dari setiap proyek pembangunan," ujar Emrus di Jakarta, Senin (3/9).

Pengajar di Universitas Pelita Harapan ini juga menilai, pendukung petahana akan lebih efektif memaparkan target-target pemerintah yang belum tercapai dan menceritakan kendala yang dihadapi.

Dengan demikian, masyarakat dapat menilai secara objektif, apalagi kemudian jika disebutkan kendala yang dihadapi dapat diselesaikan jika Jokowi terpilih kembali.

"Pendukung petahana saya kira juga akan lebih baik menawarkan program yang terukur dan realistis, bila kelak terpilih pada pemerintahan periode kedua," katanya.

BACA JUGA: Nih, Saran Buat Penggagas #2019GantiPresiden

Direktur Eksekutif EmrusCorner ini meyakini, wacana pembangunan Indonesia jauh lebih berpengaruh bagi masyarakat dalam menentukan pemimpin di masa depan, daripada terjebak dalam pro-kontra keberadaan #2019GantiPresiden.

Sikap mengadang aksi #2019GantiPresiden dinilai tidak efektif, lebih baik mengkampanyekan keberhasilan pemerintahan Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News