Ade Armando: Media Harus Kawal Calon Berkualitas

Ade Armando: Media Harus Kawal Calon Berkualitas
Ade Armando: Media Harus Kawal Calon Berkualitas
JAKARTA -- Semakin gencarnya pengaruh pemilik media yang terjun ke dunia politik terhadap pemberitaan di medianya dan kepentingan politik tertentu menjelang Pemilu 2014 cukup membuat khawatir sejumlah praktisi dan pemerhati media.

Pengamat komunikasi UI Jakarta, Ade Armando mengatakan, sesungguhnya media sangat menentukan kualitas Pemilu mendatang, termasuk kualitas para calon anggota legislatif (caleg) dan calon presiden (capres) yang akan dipilih nantinya.

"Oleh karena itu, idealnya seluruh media bersatu dan bekerjasama untuk mengawal kualitas Pemilu mendatang dengan memberikan informasi yang benar dan layak untuk diketahui publik, tanpa harus menutup-nutupi informasi yang ada, termasuk jejak rekam para caleg dan capres yang ada," ujar Ade Armando dalam diskusi bertema “Kiprah Media Massa Jelang Pemilu 2014”  yang digelar The Indonesian Institute Jakarta, Rabu (12/6).

Menurutnya, menjelang Pemilu 2014, media massa menjadi sarana strategis bagi partai politik (parpol) untuk menyampaikan pesan politiknya kepada publik, baik melalui iklan maupun pemberitaan. Pasalnya, peran media massa sangat signifikan dalam memengaruhi opini publik, popularitas calon, serta preferensi pemilih.

JAKARTA -- Semakin gencarnya pengaruh pemilik media yang terjun ke dunia politik terhadap pemberitaan di medianya dan kepentingan politik tertentu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News