Ade Yasin: Kami akan Coba Saran Bu Risma

Ade Yasin: Kami akan Coba Saran Bu Risma
Bupati Bogor Ade Yasin. ANTARA/M Fikri Setiawan

jpnn.com, BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin tertarik dengan saran Menteri Sosial Tri Rismaharini terkait penanganan banjir susulan seiring curah hujan yang masih tinggi saat ini.

"Kami akan coba apa yang disarankan Bu Risma," kata Bupati Ade Yasin saat mendampingi Mensos Risma dalam kunjungannya di lokasi banjir yang berada di Desa Bojongkulur, Bogor, Jumat (18/2).

Mantan Wali Kota Surabaya itu menyarankan solusi sementara mengantisipasi banjir susulan di daerah tersebut dengan pengerukan Sungai Cileungsi.

"Tadi sarannya, sungai dikeruk oleh alat berat, lalu tanahnya ditumpuk di pinggir. Itu lebih kuat daripada bronjong yang sekarang dipasang dan sudah rusak lagi," terangnya.

Ade juga menyampaikan pihaknya terus mendorong pemerintah pusat untuk melakukan normalisasi Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas agar banjir tahunan di wilayah timur Kabupaten Bogor itu dapat teratasi.

Pemkab Bogor juga telah melakukan upaya penanganan banjir dengan memasang 24 pompa air untuk menyedot genangan air agar cepat surut.

"Kami sudah tambah pompa air untuk mengembalikan air. Alhamdulillah mengurangi banjir sampai 60 persen, mengurangi lumpur juga," ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sebanyak 12.208 jiwa menjadi korban banjir dari luapan Sungai Cileungsi di Desa Bojongkulur, Gunungputri, Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan akan melaksanakan saran Mensos Risma untuk mengantisipasi banjir susulan khususnya di wilayah sekitar Cileungsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News