ADF Diduga Hina Pancasila, Begini Kata Fadli Zon

ADF Diduga Hina Pancasila, Begini Kata Fadli Zon
Fadli Zon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon bereaksi atas dugaan penghinaan terhadap Pancasila sebagai lambang negara oleh Australian Defence Force (ADF).

Fadli mendukung langkah yang diambil Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang menangguhkan kerja sama dengan militer Negeri Kanguru.

Namun terkait penghinaan terhadap Pancasila, politikus Gerindra ini meminta pemerintah bersikap. "Jika terbukti benar, maka harus ada pernyataan resmi pemerintah Indonesia untuk meminta keterangan dan penjelasan kepada pemerintah Australia. Sebab hal ini, telah menyangkut ideologi dasar negara," kata Fadli, Kamis (5/1).

Langkah tersebut menurutnya penting dilakukan pemerintah agar terbangun mutual trust dalam kerja sama Indonesia-Australia. Sebab, hubungan bilateral yang baik, tak hanya didasarkan unsur saling menguntungkan, tapi juga kesetaraan dan saling percaya.

Pimpinan dewan yang membidangi Polhukam ini berharap kerja sama militer Indonesia-Australia bisa kembali berjalan baik. Hubungan kerja sama kedua negara memang strategis dan harus stabil.

"Dengan letak geografis berdekatan, kedua negara sama-sama memiliki tantangan keamanan yang tak mudah dan butuh kerjasama kuat, seperti melawan terorisme, human trafficking, keamanan maritim, dan ancaman keamanan kawasan lainnya," tambah Waketum Gerindra ini.


JPNN.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon bereaksi atas dugaan penghinaan terhadap Pancasila sebagai lambang negara oleh Australian Defence Force (ADF).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News