ADINKES: UU Kesehatan Dorong Pengembangan Fasilitas Primer

ADINKES: UU Kesehatan Dorong Pengembangan Fasilitas Primer
RUU Kesehatan. ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (ADINKES) mendorong dilakukannya pengembangan fasilitas primer sejalan dengan disahkannya Omnibus Law atau UU Kesehatan beberapa waktu lalu.

Ketua Umum ADINKES M. Subuh mengatakan, untuk meningkatkan sistem kesehatan masyarakat agar setara dengan negara-negara maju, upaya untuk mempercepat pemerataan dan mengurangi kesenjangan layanan kesehatan perlu dilakukan, terutama Puskesmas sebagai garda terdepan layanan kesehatan primer untuk masyarakat Indonesia sesuai UU Kesehatan terbaru.

"Dengan hampir 11.000 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia, fasilitas pelayanan primer ini perlu terus dikuatkan melalui penjaminan mutu dan akreditasi serta kredensialing yang baik," ujar Subuh dalam Pertemuan Nasional di Makassar, pada Kamis (3/8).

Acara yang juga didukung oleh PT Infokes Indonesia (Infokes) ini, diharapkan menjadi wadah untuk berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam memperkuat transformasi layanan kesehatan.

Dia menambahkan, inovasi dan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien yang didukung oleh sistem informasi pelaporan yang lebih ringkas dan andal amat diperlukan.

Menurut Subuh, diperlukan sistem pelaporan yang terintegrasi di Puskesmas guna memantau kinerja dan pemetaan daerah dengan tingkat pasien hipertensi tidak terkontrol, sehingga intervensi yang tepat dapat dilakukan.

“Dengan digitalisasi sistem pelayanan, maka pelayanan pasien akan meningkat dari sisi kualitas maupun kecepatan. Saat ini, pelaporan dan capaian layanan hipertensi terkontrol masih sangat rendah, sehingga kita perlu memperbaiki layanan pencegahan hipertensi dengan dukungan sistem informasi pelaporan yang lebih ringkas dan andal," ucapnya.

Chief Commercial Officer PT Infokes Indonesia Hery Purwanto berharap sistem informasi manajemen ePuskesmas bisa mendukung ADINKES untuk meningkatkan layanan primer masyarakat.

Sistem informasi manajemen ePuskesmas bisa mendukung ADINKES untuk meningkatkan layanan primer masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News