Adopsi Teknologi Aviasi Canggih, Pelita Air Raih Sertifikat EFB/EFA

Adopsi Teknologi Aviasi Canggih, Pelita Air Raih Sertifikat EFB/EFA
Chief Commercial Officer NAVBLUE Briac Kerihuel dan Direktur Utama Pelita Air dan Direktur Operasional Berjadwal Pelita Air Heru Susilo saat penyerahan rekognisi dari NAVBLUE di Jakarta, Rabu (17/5/2023). Foto: dok. Pelita Air

jpnn.com, JAKARTA - Maskapai Pelita Air menerima penghargaan berupa sertfikat dari NAVBLUE, anak usaha Airbus yang bergerak di? ?bidang navigasi.

Penghargaan diraih anak perusahaan Pertamina itu sebagai bentuk komitmen Pelita Air menerapkan sistem keamanan dengan standar teknologi digital canggih dalam kegiatan operasionalnya.

Rekognisi itu diterima oleh Direktur Operasional Berjadwal Pelita Air Heru Susilo di Kantor CBC, Cengkareng pada Rabu (17/5) lalu.

Heru menyebut Pelita Air merupakan maskapai pertama di Asia Pasifik yang menerapkan Operations Control Center (OCC) secara penuh melalui Electronic Flight Assistant (EFA) yang dimiliki NAVBLUE.

Penerapan te?knologi yang dilakukan oleh Pelita Air membuatnya menjadi maskapai pertama di Indonesia yang lolos sertifikasi Electronic Flight Bag (EFB) level 2 dan Paket Penerbangan Digital.

EFB adalah sebuah perangkat digital yang memuat informasi untuk pilot dan memandu pekerjaan khususnya take off dan landing yang berhubungan dalam hal keselamatan.

Menurut Heru, bermitra dengan NAVBLUE merupakan bentuk komitmen Pelita Air dalam meningkatkan keselamatan penumpang dan efisiensi operasional.

"Ini akan memberikan dampak positif dalam proses yang akurat, optimal, dan efisien yang terintegrasi ke dalam sistem operasional kami yang lain, meningkatkan kesadaran situasional, mengurangi beban kerja, dan meminimalkan kesalahan manusia (human error)," tuturnya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (19/5).

Maskapai Pelita Air menerima penghargaan berupa sertifikat EFB/EFA lantaran mengadopsi teknologi canggih terkait keselamatan penerbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News