Aduh, Ada Puluhan Hewan Tak Layak Kurban

Aduh, Ada Puluhan Hewan Tak Layak Kurban
Dokumentasi. Sapi kurban milik salah satu peternak di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. ((ANTARA/Rendhik Andika))

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya menemukan 33 hewan tak layak kurban pada momen Iduladha 1443 Hijriah.

Hewan itu terdiri dari 25 sapi dan delapan kambing.

"Ada yang belum cukup umur dan ada yang cacat," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sumardi, Sabtu (9/8).

Dia mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan kondisi fisik hewan kurban di daerah setempat selama beberapa hari belakangan.

Pemeriksaan terhadap sapi, kambing, dan kerbau milik peternak dan warga ini dilakukan di 20 lokasi berbeda dengan hasil 1.198 sapi diperiksa, 236 kambing, dan lima domba.

"Hasilnya, seluruh hewan yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat dijadikan sebagai kurban kami pasang tanda atau pening. Yang tidak layak kami rekomendasikan dipisahkan untuk memudahkan masyarakat saat memilih hewan kurban," kata Sumardi.

Selain itu, lanjut dia, pada proses pemeriksaan kesehatan hewan kurban, pihak Dinas Ketahanan Pangan juga menemukan 178 sapi terindikasi atau bergejala awal terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Gejala awal yang dialami sapi itu seperti berkurangnya nafsu makan dan malas berdiri.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya telah memeriksa 1.198 sapi, 236 kambing, dan lima domba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News