Aduh, Ini Akibat Impor Bawang Putih dari Tiongkok Dihentikan

Aduh, Ini Akibat Impor Bawang Putih dari Tiongkok Dihentikan
Wakil Gubernur Sumbar tinjau harga bawang putih di Pasar Raya Padang. Foto: ANTARA/ist

jpnn.com, PADANG - Kebijakan untuk menghentikan sementara impor bawang putih dari Tiongkok cukup berdampak di Sumatera Barat.

Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional melambung hampir 100 persen.

"Saat ini harga mencapai Rp 50 ribu per kilogram, naik signifikan dari harga normal sekitar Rp 25 ribu per kilogram," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai memantau harga sejumlah komoditas di Pasar Raya Padang, Jumat (7/2).

Nasrul menyebut pemerintah memang mengambil kebijakan untuk menunda arus impor bawang putih dari Tiongkok untuk sementara karena wabah virus corona.

Hal itu menyebabkan stok bawang putih di pasar menipis dan harga melonjak tinggi. Harga tinggi itu diperkirakan masih akan terjadi hingga wabah virus mereda.

Namun, menurut Nasrul pemerintah sudah mengantisipasi kenaikan harga itu dengan segera "melepas" stok bawang putih ke pasar.

Selain stok bawang pemerintah yang diperkirakan masih cukup hingga Maret 2020, bawang putih pada beberapa daerah sentra seperti Temanggung, Malang dan Probolinggo juga segera panen sehingga stok bisa ditambah.

"Kami akan berkoordinasi dengan kementerian agar Sumbar juga bisa dapat tambahan stok bawang putih agar harga bisa ditekan," ujarnya.

Nasrul menyebut pemerintah memang mengambil kebijakan menunda impor bawang putih dari Tiongkok untuk sementara karena wabah virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News