Tiongkok: Kami Tidak Puas, Kalian Harus Segera Mengoreksi Kebijakan

Tiongkok: Kami Tidak Puas, Kalian Harus Segera Mengoreksi Kebijakan
Jubir Kemenlu Tiongkok Hua Chunying mengucapkan terima kasih kepada Indonesia. Foto: France24

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah Tiongkok kembali mengungkapkan kekesalannya terhadap negara-negara yang menerapkan penangguhan penerbangan terkait wabah virus corona. Beijing menganggap tindakan negara-negara itu berlebihan dan bertentangan dengan rekomendasi WHO.

Juru Bicara Pemerintah Tiongkok Hua Chunying mengatakan, WHO memuji kebijakan kuat Tiongkok dan berulang kali menegaskan tidak setuju dan bahkan menentang pemberlakuan larangan perjalanan atau perdagangan. Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) juga merilis buletin dan mengimbau seluruh negara untuk mengikuti rekomendasi WHO.

"Kami tidak puas dan menentang beberapa negara yang tidak mengikuti rekomendasi profesional WHO dan buletin ICAO, dan telah mengajukan keberatan resmi kepada mereka," kata Hua, Kamis (6/2).

Tindakan negara-negara tersebut, lanjut dia, sangat mengganggu pertukaran personel yang normal, kerja sama internasional, dan ketertiban pasar transportasi udara internasional.

Tiongkok mendesak negara-negara tersebut agar berpikir dengan cermat dan tidak bersikap berlebihan maupun membatasi penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai kedua pihak.

"Mereka harus segera mengoreksi kebijakan dan kesalahan mereka sesuai rekomendasi WHO dan ICAO, serta mengambil langkah-langkah konkret untuk mendukung perjuangan China melawan wabah ini," kata Hua. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Pemerintah Tiongkok kembali mengungkapkan kekesalannya terhadap negara-negara yang menerapkan penangguhan penerbangan terkait wabah virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News