Istana Tegaskan Tidak Ada Larangan Impor Makanan dari Tiongkok

Istana Tegaskan Tidak Ada Larangan Impor Makanan dari Tiongkok
Presiden Joko Widodo dan Moeldoko. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, pemerintah Indonesia hanya menerapkan larangan impor bagi beberapa komoditas dari Tiongkok. Satu di antaranya, pemerintah melarang impor hewan hidup dari Tiongkok selepas negara tersebut terdampak virus Corona.

"Jadi, yang dilarang dalam rapat terbatas kemarin adalah binatang hidup. Itu tidak boleh masuk sini," kata Moeldoko ditemui di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/2).

Menurut dia, pemerintah Indonesia tidak melarang impor atas komoditas mesin dan makanan dari Tiongkok. Sebab, komoditas-komoditas itu dipastikan aman terhadap virus Corona.

"Untuk barang mesin, makanan dan lain-lain, itu boleh. Namun, Menhub juga melaporkan bahwa tetap memberlakukan cargo darat, laut, maupun udara. Semua berjalan seperti biasa tidak ada yang berkurang sampai saat ini," ucap dia.

Dia menerangkan, andai seseorang terjangkit Corona bersin dan cairannya mengenai mesin yang hendak diimpor ke Indonesia, virus otomatis mati dalam perjalanan. Dia menekankan, biasanya virus Corona dibawa oleh makhluk hidup.

"Jadi, tertular karena bersin, ada persinggungan liur. Bersin itu tidak bisa dibawa oleh angin. Jadi, tidak ada masalah," timpal dia. (mg10/jpnn)

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, pemerintah Indonesia hanya menerapkan larangan impor bagi beberapa komoditas dari Tiongkok


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News