Aduuhhhh... Karlahut Mulai Terjadi di Sulawesi

Aduuhhhh... Karlahut Mulai Terjadi di Sulawesi
kebakaran hutan/ dok jpnn

JAKARTA - Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) mulai merambah ke Sulawesi. Tercatat pada Senin (19/10) pagi ada 801 titik hotspot di wilayah itu. 

"Sebagian besar penyebab karhutla adalah disengaja atau di bakar. Dari 801 hotspot di Sulawesi berasal dari lahan pertanian dan perkebunan. Pembakaran dalam rangka land clearing. Asap juga terdeteksi dari hotspot yang ada. Tapi skalanya masih lokal," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (19/10).

Ia menyebutkan, hasil pantuan satelit Terra Aqua pada Senin (19/10/2015) pukul 05 WIB, mendeteksi ada 1.545 hotspot di seluruh Indonesia. Jumlah itu sebenarnya lebih banyak karena satelit tidak mampu menembus pekatnya asap di Sumatera dan Kalimantan. 

Sedangkan hotspot di Kabupaten Merauke dan Mappi, Papua, juga masih terdeteksi. Hostpot ini sudah berlangsung sejak dua bulan yang lalu. Namun belum ada pernyataan darurat dari Kepala Daerah dari daerah-daerah yang wilayahnya terbakar. 

JAKARTA - Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) mulai merambah ke Sulawesi. Tercatat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News