AEBF 2023 Soroti Percepatan Konektivitas Energi

AEBF 2023 Soroti Percepatan Konektivitas Energi
ASEAN Energy Business Forum (AEBF) 2023 yang berakhir hari ini menyoroti percepatan konektivitas energi untuk pertumbuhan ASEAN yang bBerkelanjutan. Foto: Kementerian ESDM

jpnn.com, JAKARTA - ASEAN Energy Business Forum (AEBF) 2023 yang diselenggarakan bersamaan dengan ASEAN Ministers on Energy Meeting (AMEM) ke-41 bertemakan "Accelerating Energy Connectivity to Achieve Sustainable Growth of ASEAN” berakhir hari ini.

Acara yang diselenggarakan oleh The ASEAN Centre for Energy (ACE) bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI ini mempertemukan para Menteri Energi ASEAN & Timor Leste, Menteri Energi mitra dialog ASEAN, para pemimpin industri energi, pakar, akademisi dari seluruh kawasan ASEAN dan sekitarnya.

Direktur Eksekutif ACE Dr. Nuki Agya Utama menyoroti kemajuan signifikan yang dicapai dalam AEBF 2023.

Forum triple helix menekankan pentingnya kolaborasi dan kemitraan antara perwakilan industri, pemerintah, dan akademisi untuk membahas isu-isu energi dan lingkungan.

Menurut Nuki, ACE bekerja sama dengan Kementerian ESDM dalam AEBF 2023 untuk memberikan wawasan berharga mengenai bidang program yang termasuk dalam ASEAN Plan of Action for Energy Cooperation (APAEC) Tahap II: 2021-2025 untuk mencapai masa depan energi yang aman, berkelanjutan dan tangguh.

“Seperti yang kita ketahui, pemerintah, dunia usaha, investor, dan akademisi di negara-negara anggota ASEAN sepakat mengenai pentingnya kerja sama regional untuk keamanan energi berkelanjutan dan interkonektivitas guna mendukung ASEAN sebagai pusat pertumbuhan,” katanya.

Pada hari kedua, sesi-sesi panel dalam AEBF menyediakan platform untuk pertukaran pengetahuan, dialog, dan kolaborasi antara para pemimpin industri, perwakilan pemerintah, akademisi, dan pakar.

Diskusi berkisar seputar transisi energi, interkonektivitas jaringan listrik, inisiatif energi yang lebih bersih, mineral penting, pemanfaatan gas alam, investasi rendah karbon, peran batubara dalam transisi energi, dan banyak lagi.

ASEAN Energy Business Forum (AEBF) 2023 yang berakhir hari ini menyoroti percepatan konektivitas energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News