ASEAN Energy Business Forum 2023: Kolaborasi untuk Mendorong Kemajuan Energi

ASEAN Energy Business Forum 2023: Kolaborasi untuk Mendorong Kemajuan Energi
Pembukaan ASEAN Energy Business Forum 2023 di Bali. Foto: dok. Kementerian ESDM

jpnn.com, BALI - ASEAN Energy Business Forum (AEBF) yang ditunggu-tunggu telah dimulai di Nusa Dua, Bali.

Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan Pertemuan Menteri Energi ASEAN (AMEM) ke-41.

AEBF 2023 merupakan forum yang mempertemukan perwakilan dari industri, pemerintah, dan akademisi untuk membahas isu-isu energi dan lingkungan.

Forum yang dipelopori oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan ASEAN Centre for Energy (ACE) ini didedikasikan untuk mendorong dialog, kolaborasi, dan inovasi dalam mencari solusi energi yang berkelanjutan. Dijadwalkan dari tanggal 24 hingga 26 Agustus 2023, forum ini diharapkan dapat menjadi katalisator di sektor energi.

Hari pembukaan dimulai dengan Upacara Pembukaan gabungan Pertemuan Menteri Energi ASEAN ke-41 (AMEM-41) dengan ASEAN Energy Business Forum 2023.

Dalam pidato pembukaannya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan forum penting AMEM-41 dan AEBF dan tidak akan berjalan dengan sukses tanpa kolaborasi yang sangat baik antara Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN dan dukungan dari seluruh anggota ASEAN serta ASEAN Center for Energy (ACE).

“Negara anggota ASEAN wajib meningkatkan teknologinya, kemampuan, kapasitas, dan keahlian untuk mendukung target transisi energi di negara kita, sekaligus target ASEAN Plan of Action of Energy Cooperation (APAEC). Komitmen ini menjadi fondasi menuju NZE dan juga menjadi pedoman untuk kebutuhan sepert teknologi, pembiayaan, infrastruktur dan lainnya," kata Menteri Arifin.

Arifin juga mengatakan selain transisi energi bersih untuk mencapai target NZE, hal yang tak kalah penting dari isu energi yang krusial adalah ketahanan dan keamanan dan akses. Pilar-pilar ini akan mempercepat konektivitas energi untuk mencapai pertumbuhan ASEAN yang berkelanjutan.

ASEAN Energy Business Forum 2023 resmi dibuka di Bali. Forum ini bertujuan untuk mendorong kemajuan energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News