AFC Cup Makin Dekat, Pelatih PSM Bernardo Tavares Benahi Soal Ini

AFC Cup Makin Dekat, Pelatih PSM Bernardo Tavares Benahi Soal Ini
Pemain PSM Makassar saat berhadapan dengan pemain Persita Tangerang. Foto: Dok Humas PSM Makassar

jpnn.com, MAKASSAR - PSM Makassar menyisakan 22 hari sebelum turun di AFC Cup 2022. Turnamen antarnegara Asia itu akan bergulir pada 24 Juni mendatang.

Memiliki waktu yang singkat, Pelatih PSM Bernardo Tavares terus menggenjot persiapan dengan baik, salah satunya dengan melakukan uji coba dengan beberapa tim, seperti kontestan Liga 1 dan klub amatir di pulau Sulawesi. 

Bernardo mengatakan uji coba sengaja digelar untuk meningkatkan stamina Wiljan Pluim dan kawan-kawan.

"Sengaja saya menurunkan pemain selama 90 menit. Langkah ini untuk meningkatkan stamina mereka jelang turun di AFC Cup 2022," kata Bernardo Tavares, Rabu (1/6) malam.

Salain itu, Bernardo memilih uji coba dengan klub Liga 1 agar semua pemain bisa menyatu dalam skema permainan yang dia inginkan. 

Tak tanggung-tanggung, juru taktik asal Portugal itu meminta anak asuhnya untuk menunjukkan performa terbaik meski hanya berstatus uji coba. 

Dia juga berharap penggawa PSM Makassar mau bekerja ekstra keras meningkatkan permainan agar bisa bersaing di AFC Cup, Piala Presiden, dan Liga 1. 

"Jadwal kami sangat padat. Saya rasa akan ada kesempatan bagi semua pemain. Sebab, kami akan menjalani pertandingan yang banyak," terang dia.

Sementara itu, pengamat sepak bola Assegaff Razak menilai Bernardo Tavares memiliki pekerjaan rumah sebelum turun di Piala AFC. Misalnya, menyatukan skema permainan dan meningkatkan fisik anak asuhnya.

"Sudah ada tolok ukur kekuatan PSM. Apalagi sudah menjalani dua kali uji coba dengan sesama klub Liga 1. Jadi, sekarang pelatih tinggal membenahi berbagai kekurangan tim," kata Assegaff Razak. 

Dengan waktu yang singkat, tentu bakal menjadi ujian besar bagi Bernardo Tavares.

"Pelatih memiliki tugas berat. Mereka harus mampu menyatukan permainan tim," ungkapnya. (mcr29/jpnn)


Memiliki waktu yang singkat jelang AFC Cup, Pelatih PSM, Bernardo Tavares terus melakukan sejumlah pembenahan.


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : M. Srahlin Rifaid

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News