Agama Seharusnya Mendukung Ide Toleransi Global

Agama Seharusnya Mendukung Ide Toleransi Global
Seminar Nasional dengan Tema Debating the Future of Human Rights dalam pagelaran Festival Akademik Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-71. Foto : Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Brawijaya (Unbraw) bekerjasama dengan Pusat Pengembangan HAM dan Demokrasi menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Tema Debating the Future of Human Rights dalam pagelaran Festival Akademik Peringatan Hari HAM se-Dunia ke-71.

Acara yang dihadiri oleh 150 Mahasiswa Unbraw ini digelar di Fakultas Hukum Unbraw ini dihadiri oleh Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Antonius Benny Susetyo yang menyampaikan keterikatan Pancasila dan HAM. Dalam penjelasannya dijelaskan bahwa nilai-nilai Pancasila tidak ada satupun yang bertentangan dengan HAM, justru menguatkan.

"Nilai-nilai Pancasila tidak ada yang bertentangan dengan HAM. Justru yang ada nilai Pancasila itu menguatkan HAM," jelasnya.

Romo menegaskan bahwa martabat kemanusiaan itu tidak bisa direduksi seiring dengan kemajuan zaman.

"Martabat manusia itu adalah hal yang mendarah daging sejak lahir dan tidak bisa direduksi oleh kemajuan zaman karena sudah mendarah daging, " tegas Romo.

Selain itu, Romo menambahkan bawah masyarakat indonesia juga harus ingat bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari dukungan negara-negara lain sehingga masyatakat pun harus bisa menerima segala perbedaan dan kemajuan zaman sekarang.

"Harus diingat bahwa kita harus menerima perbedaan dan perkembangan zaman. Karena bangsa Indonesian bisa merdeka tidak terlepas dari dukungan negara-negara lain," tambahnya.

Salah satu ancaman HAM yang sekarang ini sedang terjadi adalah efek negatif dari kemajuan teknologi yang disalahgunakan tanpa ada literasi yang cukup untuk masyarakat. Hal ini menimbulkan hoax yang berdampak pada perpecahan dan penindasan martabat manusia.

Masyarakat Indonesia harus belajar menerima perbedaan agama yang beragama lewat toleransi dan perkembangan zaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News