JPNN.com

Agar Puasa Lancar, Hindari 6 Minuman Ini Saat Sahur

Jumat, 22 Mei 2020 – 15:51 WIB Agar Puasa Lancar, Hindari 6 Minuman Ini Saat Sahur - JPNN.com

jpnn.com - Berpuasa seharian membuat Anda harus memperhatikan asupan tubuh, terutama ketika sahur. Sama halnya dengan sarapan yang menjadi makanan paling penting dalam sehari, sahur juga penting. Sahur kurang lebih menyumbang sekitar 30 persen kebutuhan kalori dalam sehari.

Nutrisi yang dikonsumsi saat sahur merupakan bekal untuk beraktivitas sepanjang hari selama menjalankan puasa. Karena itu, Anda sangat disarankan untuk tidak melewatkan makan sahur dan memilih menu sahur yang sehat, termasuk pilihan minuman untuk sahur.

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur

Menu sahur yang sehat dan bergizi dapat memberikan cukup energi karena kebutuhan nutrisi sepanjang hari saat puasa tercukupi. Sebaliknya, beberapa menu harus Anda hindari agar puasa lancar. Ada beberapa jenis minuman untuk sahur yang sebaiknya dihindari, di antaranya:

1. Kopi 

Kopi biasanya dikonsumsi pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Tak jarang, sebagian besar orang menjadikan kopi sebagai menu sarapannya. Saat berpuasa, kopi tidak disarankan sebagai minuman untuk sahur, terutama bagi yang memiliki penyakit mag.

Selain berisiko mengiritasi lambung dan menyebabkan peningkatan asam lambung, kopi juga dapat melemahkan klep yang memisahkan lambung dengan kerongkongan sehingga dapat menyebabkan regurgitasi atau refluks (kembalinya asam lambung dari lambung ke kerongkongan).

Selain itu, kopi juga bersifat diuretik sehingga menyebabkan Anda jadi sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu ibadah puasa Anda.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy