Agar Rusia Melarat, Warga Jerman Diminta Berhemat

Agar Rusia Melarat, Warga Jerman Diminta Berhemat
Kendaraan pribadi memadati salah satu ruas jalan di Berlin. Pemerintah Jerman tengah berusaha keluar dari ketergantungan mereka terhadap impor minyak dan gas dari Rusia. Foto: TOBIAS SCHWARZ / AFP

jpnn.com, BERLIN - Jerman harus mulai menghemat energi sekarang agar lebih mandiri dari ketergantungan bahan bakar fosil Rusia, kata Menteri Ekonomi Robert Habeck.

Pernyataan itu dilontarkan Habeck saat negara ekonomi utama Eropa itu mencari cara untuk memangkas impor gas dan minyak dari Moskow dalam menanggapi perang di Ukraina.

Dengan meningkatnya kematian warga sipil di Ukraina di tengah invasi Rusia, Jerman berada di bawah tekanan untuk melepaskan diri dari gas dan minyak Rusia.

Para kritikus mengatakan pendapatan dari gas dan minyak itu memberi Moskow dana yang dibutuhkan untuk berperang.

Moskow menggambarkan invasinya ke Ukraina sebagai "operasi militer khusus".

Habeck mengatakan Jerman bisa mengurangi ketergantungan itu jika warga mengurangi konsumsi energi mereka, seraya menyarankan agar warga menggunakan kereta api atau bersepeda daripada mengemudi bila memungkinkan.

"Setiap kilometer tanpa mengendarai mobil merupakan kontribusi untuk mempermudah melepaskan diri dari pasokan energi Rusia. Kita juga melindungi iklim," kata Habeck dalam wawancara dengan Funke Media Group.

Habeck mengatakan pemangkasan 10 persen dari konsumsi energi individu memungkinkan.

Pemerintah Jerman mengimbau warganya mengubah gaya hidup agar uang mereka tidak berakhir di kantong pemerintah Rusia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News