Agar si Guguk Tetap Happy saat Kita Mudik

Agar si Guguk Tetap Happy saat Kita Mudik
KESAYANGAN: Agnes Santoso mengelus Bruno, anjing kesayangannya. Sebelum dititipkan selama berlibur, Agnes selalu menyurvei tempat penitipan yang paling care. (Yuyung Abdi/Jawa Pos)

BAGAIMANA keadaannya hewan peliharaan tersayang ketika kita mudik atau berlibur selama Lebaran? Di tempat penitipan yang tepat, si meong atau guguk tidak hanya dijamin kenyang dan sehat, tapi juga happy.
------------------
SELAMA libur Lebaran ini, Ariestiany Putri berencana jalan-jalan ke Lombok bersama keluarganya selama sepekan. Banyak anak-anak dalam rombongan tersebut. Karena itu, Guffy, anjing labrador kesayangannya, tidak bisa diajak. Perempuan 32 tahun tersebut menitipkan si Guffy ke pet shop langganan.

”Sebenarnya, enggak tega sih ninggalin Guffy sendirian. Tapi, mau gimana lagi,” ujar ibu dua anak itu pasrah. Menurut dia, selain menjaga kenyamanan anak-anak, perjalanan jauh akan menyiksa Guffy. Baik itu naik pesawat maupun kendaraan pribadi. Akan lebih baik dititipkan saja.

Bagi perempuan yang disapa Any itu, memilih penitipan hewan yang tepat merupakan pekerjaan rumah. Banyak kriteria yang harus dipenuhi supaya tempat tersebut sempurna sebagai rumah sementara si guguk. Kriteria utama, kebersihan dan ketelatenan para petugas dalam merawat binatang kesayangan kita.

”Yang paling penting, petugasnya harus paham apa yang sedang diinginkan oleh hewan. Perhatian gitu. Kalau enggak, hewan jadi stres. Nanti malah kita yang bingung,” ujar dia.

Meski sudah kenal betul dengan pet shop langganan dan penanganannya terhadap Guffy, Any menelepon setiap hari. Kadang tidak hanya karena mengkhawatirkan kondisi si guguk, tapi karena rindu gonggongannya.

”Agak lebay sih. Pemiliknya sudah kenal aku dan tahu tabiatku. Kalau kangen, gimana lagi,” tutur dia, lantas tersenyum. Karena sering kepentok rindu, Any menyatakan tidak pernah liburan lebih dari satu minggu.

Agnes Santoso, presenter SBO TV, juga berbagi cerita. Sebelum menitipkan hewan kesayangan untuk waktu yang lama, dia perlu survei terlebih dahulu. Langkah pertama, dia "mewawancarai” beberapa tempat penitipan sekaligus. Yang dia tanyakan, antara lain, jumlah hewan yang dititipkan di sana dan cara perawatannya.

”Lingkungan baru dan teman-teman baru biasanya ngefek ke hewan kesayangan kita. Jadi, mesti sangat selektif dan hati-hati kalau memilih tempat penitipan,” jelas Agnes.

BAGAIMANA keadaannya hewan peliharaan tersayang ketika kita mudik atau berlibur selama Lebaran? Di tempat penitipan yang tepat, si meong atau guguk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News